Pondok Christami

Category: Uncategorised
Published: Monday, 27 August 2018 06:54
Written by Super User
Hits: 18963

PUSAT PEMBERDAYAAN PASIEN HIV

 

Pondok Christami merupakan pusat dukungan dan pemberdayaan ODHA (Orang dengan HIV dan AIDS).  Banyak ODHA yang telah dirawat dan dibina dan telah kembali menjalani kehidupannya di tengah-tengah masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi :

 

  1. Pemulihan Fisik.
  2. Pemulihan Rohani.
  3. Keterampilan Diri.
  4. Keterampilan Hidup.

Podok Christami juga merupakan tempat penampungan sementara bagi pasien HIV yang belum dapat diterima oleh keluarganya. Bagi mereka YPKM Papua akan terus berupaya dengan mengadvokasi keluarga sehingga satu ketika mereka dapat kembali hidup di tengah-tengah keluarga.

Koordinator Pondok adalah dr. Fitri R, SpOG yang dibantu oleh beberapa perawat  yang berpengalaman dalam pendampingan terhadap pasien HIV. Mereka tidak hanya melayani pasien yang ada di dalam pondok, tetapi juga melayani pasien yang berada di rumah / keluarganya yang tersebar di kota Jayapura.

Saat ini pondok Christami mampu menampung 12 pasien, sementara jumlah maksimal pasien yang berada di rumah / keluarganya sebanyak 15 pasien. Perkunjungan rumah dilakukan sebulan sekali bagi dampingan yang berada di rumah. Perkunjungan dilakukan oleh tenaga perawat bersama-sama dengan pastor atau pendeta. Perawat melakukan pemeriksaan umum kondisi paien serta memberikan informasi yang berkaitan dengan HIV dan AIDS, bagi pasien dan anggota keluarga yang merawat pasien. Sedangkan pastor atau pendeta akan melakukan pembinaan kerohanian yang berkaitan dengan masalah-masalah yang dihadapi pasien serta memberi penguatan secara rohani.